Deskripsi Gambar

APA ITU CMS (Content Management System) ?

Selamat datang di blog saya!

Hari ini, saya ingin membahas salah satu topik yang sangat penting dalam dunia pengembangan web, yaitu Content Management System (CMS). Jika Anda tertarik membangun dan mengelola situs web yang efisien dan mudah diupdate, maka CMS adalah solusi yang tepat untuk Anda.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan secara detail apa itu CMS, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa CMS merupakan pilihan yang populer di kalangan pengembang web. Saya juga akan memberikan contoh CMS terkemuka yang dapat Anda pertimbangkan untuk proyek web Anda.

Tidak hanya itu, saya akan membahas fitur utama yang harus Anda cari dalam sebuah CMS, kelebihan dan kekurangannya, serta tips untuk memilih CMS yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saya yakin setelah membaca artikel ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang CMS dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk menciptakan situs web yang menakjubkan dan mudah dikelola.


Jadi, mari kita mulai!


 


Content Management System atau CMS
merupakan sebuah software berbasis web , page yang digunakan untuk mengelola konten/isi yang terdapat dalam sebuah web. Contoh sebuah CMS yang sangat Populer saat ini adalah WordPress, sick dan Joomla. CMS sendiri dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman, see seperti: PHP (Personal Home Page) bahasa pemrograman script yang paling banyak digunakan saat ini, ataupun HTML (Hypertext Markup Language) bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.


Untuk membuat sebuah website dengan CMS relatif cukup mudah dan cepat karena kalau kita analogikan CMS itu seperti sebuah Operating System Dalam sebuah komputer (windows,linux, Mac OS) yang dibuat untuk memudahkan penggunanya sehingga kita bisa mengelola komputer kita dengan relatif cukup mudah, begitupun dengan CMS dibuat sedemikian hingga agar penggunanya mudah untuk menambah dan mengelola isi yang ada dalam sebuah website. Dengan CMS, semua itu bisa dilakukan tanpa pengguna harus belajar HTML atau bahasa pemrograman web. Karena CMS adalah suatu software (perangkat lunak) maka CMS bisa berbasis web ataupun aplikasi desktop biasa.


Pada dasarnya Anda bisa membuat sendiri CMS untuk situs Anda atau Anda juga bisa memanfaatkan module-module atau aplikasi CMS yang sudah ada di internet. Jika Anda ingin membuat sendiri CMS Anda maka syaratnya adalah situs Anda harus sudah memiliki struktur layout yang fix (tetap). Inti dari CMS adalah melakukan perubahan atau penambahan isi situs pada bagian-bagian yang sifatnya bisa berubah, misalnya halaman berita terbaru, halaman produk atau jasa, halaman foto dan lain sebagainya. Data dari CMS tersebut disimpan dalam suatu database dan dicari atau ditampilkan dengan cepat.


Untuk menggunakan sebuah software Content Management System atau CMS tidak diperlukan biaya yang mahal Karena banyak tersedia software opensource seperti Joomla, dan WordPress, dimana joomla dan wordpress merupakan software yang popular saat ini bukan hanya karena mudah digunakan dan power full akan tetapi joomla dan wordpress bisa anda dapatkan secara gratis anda juga bisa mendownload template serta fitur-fitur yang lain apabila anda kurang puas dengan default yang disediakan, dan bagi anda yang belum punya domain dan hosting sendiri bisa ngeblog sekarang juga gratis bisa dengan wordpress disini..


Fitur-fitur yang terdapat dalam CMS juga sangat bervariasi, mulai dari manajemen layout situs (yang berfungsi untuk mengubah layout situs Anda), fitur pencarian, editing berita, editing foto, editing produk dan lain sebagainya. Suatu CMS berbasis web dilengkapi dengan mekanisme autentikasi untuk bisa melakukan perubahan atau update isi situs. Ini artinya Anda harus memasukkan username dan password sebelum bisa masuk ke dalam sistem CMS situs Anda. Dengan adanya mekanisme ini maka Anda bisa membagi hak akses kepada beberapa orang dimana orang-orang tersebut bisa meng-update isi situs pada bagian yang berbeda-beda. Misalnya saja si A hanya bisa menambah dan mengupdate berita situs, kemudian si B hanya bisa menambah dan mengupdate halaman foto gallery saja.


Situs-situs apa saja sih yang menggunakan CMS? Banyak sekali, bahkan semua situs sebenarnya bisa menggunakan CMS. Tapi sekali lagi kita harus melihat kebutuhan dari situs tersebut. Sebagai contoh, CMS banyak digunakan pada situs-situs yang padat isi (content) seperti situs-situs berita (www.detik.com, www.kompas.com etc etc). Selain itu CMS juga banyak digunakan pada situs-situs penyedia jasa e-commerce (misalnya www.bhinneka.com, www.fastncheap.com etc etc. Jika Anda sering meng-update Blog Anda maka itu juga merupakan contoh dari CMS.


Semoga bermanfaat

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "APA ITU CMS (Content Management System) ?"

Posting Komentar