Deskripsi Gambar

Mengatasi Masalah Numerik dan Desimal Pada MailMerge Word

Oke, beberapa minggu lalu saat saya melakukan MailMerge nilai raport untuk tugas kuliah, saya mengalami beberapa kesulitan yang membuatnya sangat berantakan. Dalam Excel, nilai-nilai yang sudah saya buat telah saya bulatkan tanpa adanya koma atau desimal. Namun, saat saya MailMerge ke Word, sungguh luar biasanya nilai-nilai tersebut menjadi berantakan dengan angka dibelakang koma yang sangat panjang. Contoh : 85,999999479499. Sangat panjang bukan? Padahal di Excel nilainya sudah mengalami pembulatan menjadi 86.





Selidik punya selidikit, dan karna waktunya sudah sedikit akhirnya saya berselancar di Google untuk mendapatkan pencerahannya. Mula-mula saya telah melakukan step by step cara yang diperintahkan oleh mbah google, namun na’as saya masih gagal. Karena dengan tekad yang bulad saya mencoba kembali berkali-kali lagi hingga akhirnya saya mendapatkan apa yang saya mau. HAHAHAHAH. Oke deh, langsung aja ini penyelesaiannya, saya menggunakan microsoft word 2016. Tapi cara ini compatible buat word segala versi kok, jadi semoga bisa bermanfaat.

Klik pada bagian angka-angka yang ingin dibuat desimal atau dihilangkan desimalnya sehingga angka tersebut terlihat seperti diblok, lalu klik kanan  pada mouse dan pilih Edit Field

Setelah muncul kotak dialog, klik Field Codes, yang terletak di pojok kiri bawah, sehingga muncul Advance Field Properties, seperti dibawah ini :



  • Nah, Geografi itu adalah nama Field untuk Nilai Geografi di Raport
  • Karena disini saya bermaksud untuk menghilangkan segala angka dibelakang koma, (dibaca: dibulatkan) maka saya menambahkan kode \#”0″ seperti gambar di atas. Tapi kalo kalian ingin menjadikan desimal 2 digit/angka dibelakang koma tambahkan kode \#”0,00″

#NOTE : 0,00 itu settingan Regional and Language pada Control Panel di laptop saya adalah Indonesia jadi saya pakainya 0,00. Tapi kalo settingan Regional and Language pada Control Panel di laptop kalian pakainya English, jadinya 0.00 pake titik bukan koma.

  • Setelah langkah diatas, klik OK, maka hasilnya akan seperti dibawah ini :

Tambahan :

Untuk mengatasi masalah penanggalan atau uang pada MailMarge Word 2016 sama halnya seperti cara diatas namun penambahan pada Field Codes nya saja yang berbeda :

  • Untuk tanggal, tambahkan kode : \@”ddMMMMyyyy”
  • Untuk uang, tambahkan kode : \#”#.##0,00″

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Mengatasi Masalah Numerik dan Desimal Pada MailMerge Word "

Posting Komentar