Deskripsi Gambar

Pembahasan Array Pada Java

Pembahasan Array Pada Java

Salam sahabat Malasngoding, pada kesempatan ini akan kita pelajari tentang Array pada java. bagaimana penulisan, penggunaan array dan penerapan dalam bahasa pemrograman Java.

Array merupakan kumpulan data yang memiliki tipe data yang sama. tiap data tersebut di bedakan dengan index dalam array tersebut, index dari tiap array dimulai dari [0]. jadi jika kita memiliki 10 data dalam sebuah array, maka jumlah array maksimalnya 9 (itu karena index array di hitung dari 0). Kenapa Array ?

Array digunakan untuk mengurangi jumlah penggunaan variabel dalam aplikasi kita. dan array terdiri dari satu dimensi, dua, tiga dimensi dan seterusnya tergantung kebutuhan.

 

Deklarasi Array Pada Java

Berikut cara mendeklarasikan array dalam bahasa pemrograman Java :

untuk contohnya sebagai berikut :

penulisan array model 1

penulisan Array model 2



Pembahasan Array Pada Java

Contoh array

output yang di hasilkan dari contoh array di atas sama. hanya penulisannya yang berbeda.

Jenis Array Pada Java

array ini memiliki banyak jenis-jenisnya tergantung dengan kebutuhan si programmer, untuk contoh array 1 dimensi daat anda lihat pada contoh di atas.

berikut contoh untuk array 2 dimensi.:

penulisan array dua dimensi :

Pembahasan Array Pada Java

Pembahasan Array dua dimensi Pada Java

array dua dimensi sama halnya denga array satu dimensi, akan tetapi array dua dimensi ini biasanya digunakan untuk penyajian data dalam bentuk table atau dalam bentuk matriks.

dari contoh di atas dapat kita lihat contoh array dua dimensi dalam java. langkah pertama dekalrasikan dulu array dan setelah itu dibuat perulangan.  begitu juga dengan array 3 dimensi dan seterusnya.

Pembahasan Array Pada Java

Pembahasan Array Pada Java


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pembahasan Array Pada Java"

Posting Komentar